Minggu, 16 Januari 2011

Hasil Survei: Kualitas Pelayanan Puskesmas Kebumen III Baik

Pojok Sabtu (Saturday Corner) tanggal 15-01-2011, membahas kualitas pelayanan dari aspek-aspeknya, sebagai bahan perbaikan pelayanan puskesmas di waktu yang akan datang.

Dari Hasil Survei Kualitas Pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, kualitas pelayanan Puskesmas Kebumen III masuk dalam kategori Baik

Kualitas pelayanan Puskesmas, dinilai berdasarkan variabel: reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan keamanan),  empaty (kepedulian) dan tangible (bukti fisik).

Diskusi

Dari hasil penilaian tersebut aspek-aspek kritis yang harus ditingkatkan oleh Puskesmas Kebumen III adalah:

  • Kejelasan informasi tentang penyakit

  • Keberadaan petugas di tempat pelayanan

  • Kepedulian terhadap klien

  • Ketersediaan waktu petugas untuk berkomunikasi, dan

  • Kebersihan alat


Rekomendasi

Menyikapi hasil penilaian tersebut, ada beberapa hal yang direkomendasikan dan dirasakan sebagai kebutuhan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas , demikian ditekankan Kepala Puskesmas Kebumen III, adalah :

  • Perlu upaya sistematis dalam penjaminan mutu pelayanan puskesmas

  • Perbaikan prosedur kerja/prosedur pelayanan

  • Peningkatan kemampuan komunikasi terapeutik bagi petugas dalam pelayanan pengobatan

  • Peningkatan kemampuan konseling

  • Peningkatan dan penataan sarana dan prasarana untuk mendukung keamanan dan kenyamanan petugas dan pengunjung Puskesmas Kebumen, termasuk: ruang pelayanan, parkir dan taman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar